» » » » » » Tahun 2016 Indonesia Masih Ketergantungan Pangan Impor

Tahun 2016 Indonesia Masih Ketergantungan Pangan Impor

Penulis By on Tuesday, December 29, 2015 | No comments

Riau Book - Pemerintah masih akan mengandalkan impor pangan pada tahun 2016 mendatang. Kebijakan ini dilakukan guna mengantisipasi kelangkaan pangan yang akan berakibat pada bergejolaknya harga.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan, pemerintah masih mempunyai peluang untuk melakukan impor pangan karena mendapatkan surplus 7-9 miliar Dolar Amerika Serikat selama tahun 2015.

"Karena surplus, masih banyak peluang impor pangan untuk meredam harga pangan. Lain kalau kita defisit," kata Thomas di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu (27/12).

Salah satu yang akan diimpor adalah daging sapi dengan kuota tahunan sebesar 700.000 sampai 800.000 ekor per tahun. Gula mentah juga akan didatangkan dengan jumlah di atas 3 juta ton.

Selain itu, pemerintah juga akan mengimpor beras sebagai antisipasi elnino kedua yang diperkirakan akan terjadi pada Februari 2016.

Thomas menjelaskan, pada September lalu, pemerintah telah menyepakati kebutuhan impor di atas 1,5 juta ton.

Namun hingga akhir Desember 2015 ini, pemerintah baru menggunakan jatah impor sekitar 700 ton. Oleh karena itu, sisanya bisa digunakan pada tahun 2016.

"Saya yakin ada kebutuhan impor lagi, di atas 1,5 juta ton yang sudah disepakati September itu," kata dia.

Menurut Thomas, kebijakan impor ini akan dilakukan sampai Indonesia bisa mencapai swasembada pangan, yang ditargetkan akan terlaksana pada 2-3 tahun mendatang.

Sambil mengandalkan impor, pemerintah membangun infrastruktur yang memungkinkan swasembada pangan, misalnya pembangunan waduk, sistem irigasi, sistem logistik dan sebagainya.

"Presiden dan wapres sendiri kan sudah menyatakan swasembada pangan itu jangka menengah. Kita bangun infrastruktur, dua sampai tiga tahun dari sekarang baru mulai terasa," pungkasnya. (kompas.com)

IKUTI KABAR TERHANGAT DARI KAMI DENGAN DOWNLOAD APLIKASI BERIKUT, GRATIS

Sumber Berita : Riaubook.com


Follow News : Riau | Kampar | Siak | Berita Riau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Orang kritis pasti komentar !!!
Semoga Blog Bisnis Online ini bermanfaat, Silahkan sharing melalui komentar Blog Bisnis Online. Komentar SPAM mohon ma'af kami hapus...
Terima Kasih