Status Gunung Slamet Terbaru, SIAGA !

Penulis By on Tuesday, March 10, 2015 | No comments

Salam Hangat Sahabat

Status Gunung Slamet Terbaru, SIAGA ! Meskipun saat ini Aktivitas Gunung Slamet Mulai Menurun, Status Masih Siaga.

Aktivitas Gunung Slamet, yang dirasakan di Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal dan Brebes, mengalami penurunan. Dalam 24 jam terakhir, tidak dirasakan gempa vulkanik di kelima kabupaten itu.

Berdasarkan data pengamatan yang dilakukan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet, Desa Gambuhan, Pemalang, sejak Sabtu (13/9) pukul 12.00-18.00 WIB, hanya teramati asap putih tipis dengan tinggi 300 meter.

Untuk hari ini, Minggu (14/9/2014), pukul 06.00-12.00 WIB, hanya teramati asap putih tipis dengan tinggi 50 meter. Suara dentuman, gemuruh, sinar api, lontaran meterial lava pijar selama waktu tersebut tidak terlihat.

"Aktivitas kegempaan, lontaran material lava pijar, sinar api pada waktu tersebut nihil," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Slamet bernama Sudrajat.

Sementara menurut Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Surono mengatakan, aktivitas Gunung Slamet sangat menurun meski berada pada status Siaga (Level III). Namun, dia meminta agar masyarakat tetap bersabar dan menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya.

"Aktivitas Gunung Slamet saat ini sangat menurun. Kita harus tetap bersabar, akankah ini akhir 'geliat Slamet' atau hanya jeda sebentar, keputusan hanya ada di Gunung Slamet," katanya.

Berbeda dengan 24 jam sebelumnya yang tidak terjadi gempa, berdasarkan data pengamatan PVMBG di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet pada pukul 12.00-18.00 WIB secara visual cuaca terang, angin tenang, teramati hembusan asap putih tipis tinggi sekitar 50 meter dan terjadi 5 kali gempa hembusan. Dikutip dari detikcom.

Semoga Bermanfaat
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Orang kritis pasti komentar !!!
Semoga Blog Bisnis Online ini bermanfaat, Silahkan sharing melalui komentar Blog Bisnis Online. Komentar SPAM mohon ma'af kami hapus...
Terima Kasih