» » Blog Bisnis Online Sumber Bacaan, Karena Membaca Adalah Gizi

Blog Bisnis Online Sumber Bacaan, Karena Membaca Adalah Gizi

Penulis By on Thursday, February 12, 2015 | No comments

Blog Bisnis Online Sumber Bacaan, Karena Membaca Adalah Gizi

Membaca adalah gizi bagi seorang penulis. Semakin banyak bahan yang dibaca, berarti semakin “sehat”lah dia dan pada akhirnya akan mampu menghasilkan karya tulis bermutu.
Para penulis hebat adalah penggemar buku yang hebat pula. Silahkan Anda pergi ke rumah para penulis idola Anda. Anda tidak hanya akan menemukan buku karya tulis mereka sendiri saja, namun buku karya orang lain, juga akan Anda temukan. Bahkan jumlah buku orang lain jauh lebih banyak dari buku karyanya sendiri.

Membaca bagi seorang penulis memiliki banyak manfaat, diantaranya :

1. Menambah ilmu dan pengetahuan
Dunia selalu berkembang dan berubah setiap detik. Ilmu pengetahuan senantiasa berkembang dan bertambah. Seorang penulis adalah pemberi ilmu dan pengetahuan bagi pembacanya. Bagaimana mungkin ia bisa memberikan ilmu pengetahuan kepada pembacanya, jika ia sendiri tidak mau belajar. Karena itulah, wajib seorang penulis untuk mencintai buku dan menyukai membaca.

2. Sebagai sumber referensi karya tulisnya
Menulis karya non fiksi berbeda dengan menulis fiksi. Karya tulis fiksi butuh data, fakta, dan argumentasi. Semua itu tidaklah cukup hanya dengan mengandalkan kemampuan diri dari si penulis. Ia butuh referensi.Bahan bacaan, baik berupa buku atau yang lainnya, adalah referensi bagi seorang penulis. Semakin banyak referensi, semakin bermutulah karya tulisnya.

3. Sebagai teman setianya
Bahan bacaan bukan hanya sumber pengetahuan. Banyak manfaat lain darinya. Pernahkah Anda membaca sebuah kisah yang memilukan plus menyedihkan ? Bagaimana perasaan Anda ? Dan sebaliknya, pernahkah Anda membaca cerita yang menyenangkan? Dan bagaimana pula perasaan Anda ? Bahan bacaan Anda, bisa membuat Anda sedih dan bisa pula membuat Anda gembira. Itulah mengapa saya menyebut bahan bacaan sebagai teman setia. Ia bisa membuat Anda bahagia, kapanpun Anda mau.

4. Sebagai sumber ide penulisan
Membaca adalah salah satu sumber utama penulis dalam mendapatkan ide. Ada banyak sumber ide yang lain. Tapi berdasarkan pengalaman saya, membaca merupakan sumber ide yang paling baik untuk menghasilkan karya tulis.

5. Sebagai media belajar bagi peningkatan mutu tulisannya.
Masing-masing penulis, biasanya memiliki gaya penulisannya sendiri. Dan memang tidak mudah untuk meniru gaya penulisan orang lain. Silahkan Anda membaca karya tulis tokoh terkemuka semacam Nurcholis Madjid dan bandingkan dengan karya tulis Emha Ainun Najib. Cak Nur dan Cak Nun memiliki gaya penulisan yang berbeda, walaupun sama-sama inteleknya.

Nah.. dengan membaca karya tulis orang lain, seorang penulis bisa membandingkan karyanya dengan karya orang lain. Dengan begitu ia bisa memperbaiki karyanya.
Membaca adalah hal wajib bagi seorang penulis. Bukanlah seorang penulis yang hebat, jika ia hanya meminta orang lain membaca karyanya.
Tapi seorang penulis yang hebat juga menyukai membaca karya orang lain. Inilah bentuk kerendahan hati dari seorang penulis.


Info : Bisnis Online Gratis  dan Tabungan Ekstra salah satu contoh saya belajar menulis Blog Bisnis Online karena mulai sekarang saya sedang mencoba Bisnis Online untuk tambahan penghasilan do'akan mudah-mudahan sukses ya :)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Orang kritis pasti komentar !!!
Semoga Blog Bisnis Online ini bermanfaat, Silahkan sharing melalui komentar Blog Bisnis Online. Komentar SPAM mohon ma'af kami hapus...
Terima Kasih