» » » Teknik Optimalisasi Search Engine - Faktor Eksternal

Teknik Optimalisasi Search Engine - Faktor Eksternal

Penulis By on Thursday, January 01, 2015 | No comments

Baik sebagai lanjutan dari posting yang berhubungan dengan faktor Internal, sekarang saya akan membahas tentang faktor eksternal.

2. Faktor Eksternal

Seperti yang penulis jelaskan sebelumnya, faktor internal lebih berkaitan dengan hal-hal yang ada dalam sebuah website. Faktor internal sangat mudah dimanipulasi, sehingga search engine tidak mungkin menggunakannya 100% sebagai acuan untuk menghasilkan hasil pencarian yang berkualitas. Manipulasi yang dimaksud adalah spamming, seperti penulisan content menggunakan keyword yang diulang-ulang secara berlebihan, penulisan teks yang warnanya sama dengan warna background sehingga pengunjung tidak dapat membacanya.
Hal-hal semacam ini tujuannya tidak lain untuk mengecoh crawler.
Untuk mengatasi masalah ini, search engine menggunakan faktor eksternal sebagai acuan relevansi antara content website dan keyword. Faktor yang dimaksud adalah link popularity,yaitu banyaknya link dari website lain yang mengarah ke website Anda. Kita ambil contoh situs bisnisonlinegratis.com. Karena isinya yang menarik dan bermanfaat, maka banyak pemilik website lain yang memasang link mengarah ke bisnisonlinegratis.com, kita anggap saja jumlahnya 100 link. Karena 100 link ini berasal dari luar domain bisnisonlinegratis.com, maka nilai link inilah yang diperhitungkan oleh search engine. Semakin banyak link dari luar, berarti nilai link popularity-nya semakin besar. Menurut anggapan search engine, semakin banyak sebuah website di-link, semakin baik pula content yang dimiliki.
Link popularity sudah umum dipakai acuan oleh search engine. Salah satu pelopornya adalah Google yang saat ini menjangkau lebih dari 70% pengguna internet di seluruh dunia. Oleh Google, teknologi ini mereka sebut PageRank. Anda bisa melihat nilai PageRank sebuah website dengan menginstall Google Toolbar yang ada di : http://toolbar.google.com (saat ini hanya untuk browser Internet Explorer). PageRank ditunjukkan oleh bar berwarna hijau dengan nilai antara 0 - 10. Semakin besar nilai PageRank suatu situs, semakin baik pula posisinya di Google.

Namun perhitungan link popularity tidak hanya melihat kuantitas semata, melainkan kualitas link juga sangat diperhitungkan. Contohnya jika website Anda di-link oleh Yahoo, nilai link popularity-nya bisa lebih besar daripada di-link oleh 100 website pribadi. Dan sekali lagi, Google menganggap link dari sebuah website dengan nilai PageRank 8 jauh lebih baik dari 5 website yang hanya memiliki PageRank 1.
Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengumpulkan link untuk website Anda ?
Secara alami link akan didapat jika website Anda memiliki sesuatu yang berguna bagi
pengunjung. Jika kita hendak memasang link ke website lain, tentu kita ingin menunjukkan suatu informasi untuk pengunjung situs kita. Tidak mungkin memasang link hanya untuk iseng, atau tanpa tujuan. Contohnya, jika Anda memiliki sebuah toko online dengan produk kamera digital, hendaknya Anda tidak hanya menampilkan informasi mengenai harga dan kemampuan produk saja. Buatlah halaman khusus yang berisi tips & trik untuk merawat kamera misalnya. Tentu informasi seperti ini akan sangat berguna bagi pengunjung Anda.
Cara kedua dengan melakukan barter link (link exchange) secara manual. Anda bisa
menghubungi webmaster dari situs-situs yang memiliki informasi berkaitan dengan website Anda. Tawarkan kepada mereka kerjasama melalui barter link, dan terangkan apa keuntungan yang akan mereka dapat. Jika Anda bingung mencari partner, Anda bisa
memanfaatkan Google untuk melacak link yang mengarah ke website pesaing. Caranya ketik link: diikuti dengan nama domain yang dicari. Contoh link:www.bisnisonlinegratis.com, maka Google akan menampilkan link-link dari website lain yang mengarah ke bisnisonlinegratis.com.
Masih berkaitan dengan link, tidak semua jenis link bisa meningkatkan link popularity. Link yang diperhitungkan adalah link standar dengan menggunakan tag ''< a h r e f >''. Contohnya :
''< a h r ef = "http://www.bisnisonlinegratis.com " >Paket Lengkap Rahasia Bisnis Online < / a >''
Pada contoh diatas, kalimat "Paket Lengkap Rahasia Bisnis Online" juga diperhitungkan, sehingga dalam kasus ini situs bisnisonlinegratis.com memiliki peluang besar untuk keyword "Paket Lengkap bisnis online" atau "Rahasia Bisnis Online" dan juga "Paket Lengkap Rahasia Bisnis Online". Sedangkan
link seperti contoh dibawah ini tidak akan berguna, sebab bersifat redirect :
''< a h ref = "http://www.promosi-web.com/redir.php?site=bisnisonlinegratis.com " >Paket Lengkap Rahasia Bisnis Online< / a >''

Kesimpulan :

Dengan memadukan faktor internal dan eksternal diatas, maka proses SEO bisa dipastikan akan berjalan dengan baik. Namun kesabaran Anda tetap dibutuhkan sebab dalam dunia SEO tidak ada proses instan, semuanya memerlukan waktu dan kerja keras. Kita hanya bisa membuat perkiraan mengenai cara kerja search engine secara teknis, sedangkan secara pasti hanya Google atau AllTheWeb yang tahu. Mereka tidak akan membocorkan rahasia dapur kepada publik.

Semoga Bermanfaat.....
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Orang kritis pasti komentar !!!
Semoga Blog Bisnis Online ini bermanfaat, Silahkan sharing melalui komentar Blog Bisnis Online. Komentar SPAM mohon ma'af kami hapus...
Terima Kasih