» » .:: Promosi Website tidak membutuhkan modal besar

.:: Promosi Website tidak membutuhkan modal besar

Penulis By on Wednesday, December 24, 2014 | 2 comments


Apakah kartu nama Anda sudah mencantumkan nama website Anda? Jika belum sebaiknya buat kartu nama baru yang di dalamnya tercantum nama website perusahaan dan alamat email Anda. Ini bukan masalah gengsi, tapi ini merupakan model pemasaran yang efektif untuk website Anda. Saran seperti itu tampaknya yang ingin disampaikan oleh Al Lautenslager, “Guerrilla Marketing" coach di Entrepreneur.com baru-baru ini.

Menurut Al, saat ini tak relevan lagi --kalau tak bisa disebutkan kuno-- jika mengajukan pertanyaan, “Apakah Anda punya website?” Maklumlah memiliki website bukanlah cara sulit dan mahal dilakukan. Problemnya adalah, bagaimana cara memasarkan website Anda? Tanpa orang tahun website Anda mana mungkin mereka akan mengunjungi website Anda.

Al menyebutkan, melakukan promosi untuk web tak selalu harus mahal dan sulit asal tahu bagaimana cara-caranya. Al membagi caranya ke dalam dua kategori promosi: Offline dan Online marketing.



Offline Marketing

Banyak pemilik website melupakan cara berpromosi offline. Seharusnya Anda melakukannya. Berikut ini caranya:

- Semua materi marketing communication Anda seharusnya mencantumkan alamat website Anda dan mengundang siapa saja untuk mengunjunginya. Yang termasuk ke dalam kategori ini adalah business cards, kepala surat (kop surat), amplop, brosur, flyers, folder dan newsletter.

- Cetak alamat website Anda dengan huruf tebal pada bagian depan kartu pos direct mail Anda. Seringkali meski dengan huruf besar alamat website tidak terlihat karena orang cenderung langsung membalikkan kartu pos itu untuk segera membaca infomasi di baliknya.

- Buatlah press release setiap kali ada hal baru atau sesuatu yang berharga di website Anda. Mungkin Anda hanya menawarkan laporan keuangan atau profil perusahaan Anda, atau kursus online gratis, atau hal lain yang unik yang kira-kira media tertarik untuk mengutipnya.

- Bisa juga Anda membuat mesin penjawab telepon otomatis yang isinya menyarankan agar si penelepon mencoba membuka website Anda untuk menemukan informasi perusahaan Anda lebih lanjut. Hal ini bisa juga dilakukan oleh resepsionis yang menerima telepon atau menerima tamu langsung di kantor Anda. Tapi pastikan mereka (resepsionis) itu tahu informasi apa saja yang ada di website perusahaan Anda yang relevan dengan kebutuhan si penelepon atau tamu Anda.

- Jika Anda mendapat kesempatan untuk diwawancarai media (koran, radio, dan sebagainya), jangan lupa untuk menyinggung alamat website Anda dan informasi di dalamnya. Misalnya, “Di website kami, yang alamatnya www.al-fathcell.com, kami menawarkan artikel dan produk yang bisa meningkatkan penjualan Anda.” Jangan hanya menyebutkan, “Di website kami, kami…,” tanpa menyebtkan alamat URL-nya (www.octacomputer.com).

- Benda iklan khusus seperti gantungan kunci, mug, mouse pad, bolpen atau pencil, dan produk aparel merupakan alat yang efektif untuk mendistribusikan alamat website Anda.

- Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti fax cover sheets, kendaraan, billboard, bingkai foto, iklan di Yellow Page, T-shirt, bola golf dan lain sebagainya sebagai sarana mempromosikan alamat website Anda.

Online Marketing

Online marketing juga bisa dilakukan sebagai komplementer dari bentuk promosi offline. Caranya:

- Jangan lupa mencantumkan alamat website di halaman website Anda sebagai pengingat bagi orang yang sedang membuka website Anda.

- Sertakan alamat website Anda kala mengakhiri tulisan untuk news group, grup diskusi, atau forum posting berita/informasi.

- Mintalah marketing partners, konsultan, rekan bisnis dan sebagainya mencantumkan alamat website kita di website mereka.

- Gunakan online press releases dan artikel yang Anda tulis seperti untuk keperluan promosi offline di atas.

- Manfaatkan fasilitas pay-per-click marketing, banner advertising, direktori online, dan E-mail signatures untuk mempromosikan website Anda secara online.

Apa yang dijelaskan di atas belum seluruhnya mencantumkan cara memasarkan website. Masih ada sejumlah cara yang mungkin belum banyak diketahui secara umum. Kalau mungkin, coba ciptakan cara pemasaran yang khas Anda. Kadang-kadang cara yang gila, ekstrim dan unik melahirkan cara baru memasarkannya. Karena itu tingkatkan kreatifitas Anda
sumber : www.majalahduit.co.id
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

2 komentar

Download Walpaper Is Sunday, June 16, 2013

Kalo ane pake kartu nama gan,, lebih mantep...

Rahasia Islami Sunday, June 16, 2013

setuju gan he he

Orang kritis pasti komentar !!!
Semoga Blog Bisnis Online ini bermanfaat, Silahkan sharing melalui komentar Blog Bisnis Online. Komentar SPAM mohon ma'af kami hapus...
Terima Kasih