» » Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Penulis By on Thursday, December 11, 2014 | 16 comments



KBBI Daring atau Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan, sangat bermanfaat bagi kita semua ketika ingin merujuk sebuah kata berdasarkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tapi, sering kali kita mengalami kesulitan ketika kita offline, singkatnya kita tidak bisa membuka situs KBBI Daring.

Steven Haryanto, seorang programmer, penulis, dan aktivis dibidang Teknologi Informasi, memberikan sebuah solusi untuk kita semua, mengakalinya agar KBBI bisa digunakan tanpa harus terhubung ke internet atau offline. Beliau mengakalinya dengan mengunduh semua halaman HTML KBBI, membersihkan kode ekses HTML dan menggabungkan semua entri menjadi 1 file dengan belasan baris kode Perl, dan melakukan parsing dengan ratusan baris kode Perl! (nggak ngerti saya, hehe..)

Oh iya, sang programmer ini hanya membuatkan database yang nantinya akan dipadukan dengan StarDict, sebuah program kamus gratis yang tersedia dalam berbagai platform (Linux, Windows, dan Mac OS X). Tertarik? oke.. Andri akan kasih softwarex bwt kalian, gratis, untuk itu Ikuti beberapa langkah yang Andri tuliskan berikut ini :


  1. Unduh database-nya, disini
  2. Kemudian unduh StarDict, disini
  3. Install StarDict,
  4. Buka database yang berbentuk tarball (tar.gz2) dan ekstrak ke C:Program FilesStarDictdic,
  5. Jalankan StarDict yang sudah ter-install, klik [Main Menu] icon berbentuk rumah dan pilih [Manager Dict].
  6. Lihat dibagian Dict List, jika semua langkah sudah benar, maka terdapat “Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III (2001)”.
  7. Klik [Close], kamus siap digunakan..., gampang kan...

sumber
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

16 komentar

obat herbal ace max& Friday, January 04, 2013

selamat siang dan salam kenal ya

ace maxs Friday, January 04, 2013

semoga sukses selalu

cara pemesanan ace m Friday, January 04, 2013

ijin menyimak dan backlink disini ya

obat tradisional asa Monday, January 21, 2013

dengan adanya kamus besar bahasa Indonesia dapat mempermudah kita mempelajari kata-kata yang asing di telinga kita

obat tradisional asm Monday, January 21, 2013

beneran gratis ne software nya?

Cara Mengobati Maag Wednesday, January 23, 2013

wah pastinya ini akan sangat bermanfaat sekali, apalagi bagi masyarakat yang kurang fasih dalam berbahasa indonesia

Cara Mengobati Psori Wednesday, January 23, 2013

makasih sudah berbagi ilmu, walaupun saya belum pernah mencobanya, pasti ini sangat bermanfaat sekali

IMT Wednesday, January 23, 2013

bos, ijin backlink, ajib bener blognya

obat tradisional kol Thursday, January 24, 2013

dengan adanya kamus bahasa Indonesia dapat membantu orang yang belum mengerti dan belum bisa berbahasa Indonesia

obat tradisional asm Thursday, January 24, 2013

makasih banyak ya atas informasinya, kini pengetahuan saya bertambah

Obat Penyakit Stroke Saturday, January 26, 2013

aduuh saya masih belum ngerti nih caramya ??he

Obat Penyakit Diabet Saturday, January 26, 2013

wah terimakasih banayak ya,infonya bermanfaat banget nih

Obat Tradisional Amb Saturday, January 26, 2013

berguna banget nih infonya ,jadi gak susah lagi buat merujuk sebuah kata berdasarkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Obat Tradisional Nye Saturday, January 26, 2013

berbahasa indonesia yang baik dan benar memang sangat penting,,dan ifo ini abgus banget buat meraih itu semua

cara mengobati penya Saturday, January 26, 2013

kita sebagai warga asli Indonesia mesti bisa berbahasa Indonesia dengan baik, maka dari itu dengan adanya kamus bahasa Indonesia dapat membantu mereka yang belum fasik berbahas Indonesia

cara mengobati asam Saturday, January 26, 2013

saya masih belum mengerti cara mengakses kamus bahasa Indonesia ini

Orang kritis pasti komentar !!!
Semoga Blog Bisnis Online ini bermanfaat, Silahkan sharing melalui komentar Blog Bisnis Online. Komentar SPAM mohon ma'af kami hapus...
Terima Kasih