» » Gunung Slamet Meletus Dan Erupsi Kembali

Gunung Slamet Meletus Dan Erupsi Kembali

Penulis By on Friday, November 28, 2014 | No comments

Salam Hangat Sahabat

Gunung slamet meletus Gunung Slamet Meletus Dan Erupsi Kembali, Gunung Slamet (3.428 meter dpl.) adalah gunung berapi yang terdapat di Pulau Jawa. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Brebes, Banyumas, Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, dan merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah serta kedua tertinggi di Pulau Jawa. Kawah IV merupakan kawah terakhir yang masih aktif sampai sekarang, dan terakhir aktif hingga pada level siaga medio-2009.

Gunung Slamet cukup populer sebagai sasaran pendakian meskipun medannya dikenal sulit. Di kaki gunung ini terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto.

Setelah sempat 'diam' sejak Sabtu (13/9), Gunung Slamet kembali menggeliat. Suara dentuman terdengar, Rabu (17/9/2014) sekitar pukul 10.30 WIB. Hujan pasir hitam mengguyur. Seperti ini rupa pasir gunung tertinggi di Jawa Tengah tersebut.

"Ada 3 dentuman, yang pertama dan kedua itu keras, dentuman yang ketiga lemah," kata Sulastri, salah satu staf Pemerintah Desa Melung, Kecamatan Kedugbanteng, Banyumas, Jawa Tengah. Desa ini berjarak sekitar 8 kilometer dari puncak.

Tak lama setelah dentuman tersebut, hujan pasir berwarna hitam jatuh di atap-atap rumah warga. Bahkan di kantor balai desa yang atapnya menggunakan seng terdengar suara pasir yang jatuh seperti suara hujan.

"Pas tadi ada dentuman kuat, warga langsung pada keluar untuk lihat ke arah gunung," jelasnya.

Sementara warga Kota Purwokerto sempat kaget dengan suara dentuman yang terjadi hingga menggetarkan kaca-kaca jendela warga.

Dari pantauan detikcom, meskipun mendengar suara dentuman kuat dan mengagetkan warga, namun aktivitas warga masih tetap berjalan normal.

Dari data yang didapat sementara, dentuman dan gemuruh sedang hingga kuat terdengar berkali-kali, sedangkan latusan tercatat 2 kali dengan ketinggian abu mencapai 1.000 meter.

Dikutip dari : wikipedia dan detikcom

Semoga Bermanfaat
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Orang kritis pasti komentar !!!
Semoga Blog Bisnis Online ini bermanfaat, Silahkan sharing melalui komentar Blog Bisnis Online. Komentar SPAM mohon ma'af kami hapus...
Terima Kasih