» » » » » » » Miskin Itu DILARANG!

Miskin Itu DILARANG!

Penulis By on Tuesday, April 02, 2013 | No comments

Sahabatku, tahukah anda kalau agama kita Islam yang mulia ini sejak awal terbitnya sudah menyatakan perang terhadap kemiskinan, sebab kemiskinan amat dekat dengan kekufuran.

Rasulullah SAW bersabda : “Kefakiran (kemiskinan) itu dekat kepada kekufuran.”


Islam adalah agama yang sempurna dan lengkap, yang meliputi seluruh dimensi kehidupan, tanpa ketimpangan dan penyelewengan. Semua diatur secara seimbang, akurat, dan lurus. Sehingga jika Islam dijalankan sesuai dengan tuntunan Al Qur’an dan As Sunnah, secara murni, utuh, dan konsekuen, maka akan menjadi kenyataan bahwa Al Islam huwal hal (Islam adalah Solusi).

Berkata Syahidul Islam Hasan al Banna rahimahullah:

“Islam adalah nizham (tatanan) sempurna yang mencakup seluruh sisi kehidupan. Dia adalah negara dan tanah air, pemerintah dan umat, akhlak dan kekuatan, rahmat dan keadilan, wawasan dan undang-undang, ilmu dan ketetapan, materi dan kekayaan alam, atau penghasilan dan kekayaan, jihad dan da’wah, pasukan dan pemikiran, sebagaimana dia adalah aqidah yang benar serta ibadah yang sahih, tidak lebih tidak kurang.” (Al Imam Asy Syahid Hasan al Banna, Majmu’ah ar Rasail, hal. 305. Maktabah at Taufiqiyah, Kairo. tanpa tahun)

Masalah bangsa-bangsa dunia saat ini yang cukup krusial (penting) adalah kemiskinan. Islam sejak awal terbitnya sudah menyatakan perang terhadap kemiskinan, sebab kemiskinan amat dekat dengan kekufuran. Sebagaimana doa Rasulullah ‘Alaihis Shalatu was Salam:

“Ya Allah aku berlindung kepadamu dari kekufuran dan kefaqiran, dan juga dari siksa kubur.” (HR. Abu Daud dan lainnya)

Betapa banyak berbuatan yang membawa konsekuensi kufur seperti merampok, membunuh, atau murtad karena diawali masalah kemiskinan (tentu juga krisis keimanan). Upaya Islam dalam mengentaskan kemiskinan, bukanlah upaya sepintas, temporer, atau parsial (setengah-setengah). Justru upaya menanggulangi kemiskinan dan bahaya kelaparan, merupakan bagian dari sendi-sendi Islam yang pokok, yaitu dengan adanya zakat, sebagai rukun Islam yang ketiga. Sebagaimana tertera dalam hadits yang sangat terkenal:

Dari Ibnu umar Radhiallahu ‘Anhuma, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Islam dibangun atas lima perkara; kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah bagi yang mampu.” (HR. Muslim dan Tirmidzi, Lihat Arbain an Nawawi, hadits no. 3)

Kenapa MISKIN ITU DILARANG! Jawabannya ya jelas karena kemiskinan sangat dekat dengan kekufuran sebagaimana sabda nabi diatas.

Orang islam itu harus kuat dan KAYA. Tapi perlu diingat arti kaya disini adalah Bukan harus menimbun harta yang banyak dengan segala cara. Sudah ada tuntunan-tuntunan bagaimana kita mencari dan meraih kekayaan dengan cara yang islami dan berkah.

Jadi hakikat kaya adalah kita merasa cukup dengan apa yang diberikan oleh Allah SWT dengan cara bersyukur. Antara kebutuhan dan pemenuhan kebutuhan seimbang. Intinya apa-apa yang kita miliki kita harus mensyukuri dan bisa mempergunakannya sesuai dengan jalan Allah. Insya Allah hidup kita akan menjadi KAYA dan tidak akan merasa MISKIN. Karena MISKIN ITU DILARANG!... :)
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Orang kritis pasti komentar !!!
Semoga Blog Bisnis Online ini bermanfaat, Silahkan sharing melalui komentar Blog Bisnis Online. Komentar SPAM mohon ma'af kami hapus...
Terima Kasih